Monday, December 16, 2013

Misteri wali-wali majnun - Jadzab(majdzub)

Dalam Sebuah Buku Wali Wali Jadzab Menyingkap Misteri Wali Wali Majnun Oleh: M. Ridlwan Qayyum Sa'id Penerbit: Mitra Gayatri

Diakhir jaman, dikala tidak dijumpai lagi mursyid kaamil maka pangkat kewalian itu tidak lagi bisa diraih dengan "Pesulukan" atau suluk atas bimbingan para mursyid.

Maka para Auliya' itu mendapatkan "Derajat kewalian" dengan penarikan langsung dari Allah, yang dalam terminologi tasawuf dikenal dengan istilah "JADZAB" atau wali majdzub.

Mereka itu wali-wali Allah yang seringkali terlihat seperti orang-orang yang tidak waras perilakunya nyleneh, dan bahkan sering melanggar norma-norma syari'at. Mereka tidak terkena hukum taklif, karena belum terpenuhinya syarat berakal yang diperuntukkan bagi orang-orang mukallaf. Mereka dalam kondisi "SAKRAAN" dilanda rindu dendam kepada tuhan-Nya, seperti halnya manusia yang sedang dilanda asmara.

Mereka tidak mengenal makhluk, yang dikenal hanya Allah. Tidak ada perasaan sedih, atau susah yang ada hanyalah kebahagiaan azali bersama sang Kholiq.

0 comments

Post a Comment