Monday, November 3, 2014

Makna Ikhlas, Ridlo, Qonaah, Tawakal & Sabar

Makna Ikhlas, Ridlo, Qonaah, Tawakal & Sabar yg perlu kita renungkan bersama untuk meningkatkan iman kita dalam mencapai tujuan hidup di dalam bumi ini, dengan tingkat iman dan islam kita akan mewujudkan perintah dan mencegah larangan alloh.swt

# Ikhlas 
Adalah melakukan segala sesuatu perbuatan baik semata-mata karena Allah SWT, termasuk memberikan harta kita kepada seseorang atau makhluk tanpa mengharap balasan atau imbalan apapun dari orang yang kita bantu. Intinya ikhlas adalah menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya tujuan dalam segala bentuk ketaatan.

# Ridlo 
Adalah segala sesuatu yang diambil dari kita baik berupa harta, jabatan, kesehatan, kematian suami/istri/anak/orang tua dll yang dikatakan sebagai musibah, maka kita harus merelakannya. Karena itu semua milik Allah sesuai dengan A-lQur'an Surat Al-baqoroh ayat 156 yang artinya :

(Yaitu) orang-orang yang apabila mereka ditimpa oleh sesuatu kesusahan, mereka berkata: "Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali" 

Bila mendapatkan musibah janganlah kita berbuat merusak atau mengumpat seperti yang dilakukan oleh orang jahiliah/bodoh, tapi berdoalah dengan doanya "Innaa lillahi wa innaa ilaihi rojiun, allahuma Jurnii fii mushibatii wa akhliflii khoiron minha"

# Qonaah 
Adalah menerima dengan lapang dada segala sesuatu yang Allah berikan meski tidak sesuai dengan apa diharapkan. Percayalah bahwa Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita minta, untuk itu kita harus pasrahkan pada Allah SWT mungkin hal tersebut ditunda atau diganti dengan yg lebih baik.

# Tawakal 
Adalah menetapkan dan berserah diri kepada Allah SWT atas semua hasil yang kita upayakan dengan keyakinan bahwa Allah yang memiliki kehendak terhadap semua makhluk. Yakin bahwa yang Allah berikan adalah yang terbaik buat kita. Sebagaimana Firman Allah dalam Al-Qur'an Surat At-Thalaq ayat 3 yang artinya:

"Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki) nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap tiap sesuatu."

# Sabar
Sabar adalah menahan diri dari perbuatan maksiat dan dorongan hawa nafsu yang dapat merusak hubungan sesama manusia, merusak lingkungan. Sabar juga berarti selalu istiqomah dalam ketaatan kepada Allah SWT, memupuknya dengan keikhlasan dan menghiasinya dengan keilmuan. Sabar juga berarti ridlo dengan takdir Allah tanpa mengeluh.

(Dikutip dari beberapa sumber)

~Semoga bermanfaat~

0 comments

Post a Comment